mas template
Headlines News :
mas template
Home » » Dimanakah Letak Kutub?

Dimanakah Letak Kutub?

Written By maskolis on Monday, 25 July 2011 | 00:23

Dimanakah letak kutub? Waktu belajar Geografi di sekolah dulu, kita biasanya diajari bahwa planet Bumi memiliki dua dua buah kutub, yaitu kutub utara di lautan Arktik dan kutub selatan di benua Antarika. Tapi banyak yang tidak tahu kalau sesungguhnya ada lebih dari satu "kutub", baik di utara maupun selatan. Nah lo!

Letak Kutub

Pertama-tama, kita berkenalan dulu dengan kutub geografis. Ini adalah lokasi dimana seluruh garis koordinat bujur bertemu. Pengertian kutub yang kita kenal selama ini sebenarnya mengacu pada kutub geografis ini. Di kutub selatan, kita akan menjumpai dua lokasi kutub geografis. Yang pertama adalah yang disebut kutub selatan seremonial (ceremonial south pole). "Kutub" ini ditandai oleh sebuah bola perak yang dikelilingi bendera-bendera dari negara yang menandatangani traktat (perjanjian) tentang pemanfaatan benua Antartika (Antartic Treaty). Disinilah para penjelajah kutub biasanya "berpose" dengan mengabadikan gambar pantulan wajahnya di bola perak tadi. Kutub selatan seremonial ini sebenarnya tidak menandai letak kutub yang sesungguhnya. Ia dibuat hanya untuk tujuan kepraktisan saja. Kutub selatan geografis yang sesungguhnya terletak beberapa ratus meter dari kutub selatan seremonial. Lokasi ini ditandai dengan sebuah paku raksasa yang menancap di atas permukaan es.

Kenapa mesti ada dua kutub selatan disana? Persoalannya, tempat yang menandai kutub selatan geografis ini tidak "diam" melainkan terus bergerak. Akibatnya, posisi kutub selatan setiap tahun terus mengalami koreksi. Ada dua penyebab untuk itu. Pertama, karena lokasi kutub selatan terletak di atas lapisan es setebal 2 mil yang terus bergeser dengan kecepatan sekitar 9,9 meter pertahun. Alasan kedua, adalah karena adanya pergeseran sumbu rotasi bumi. Apa pula ini? Begini, jangan dibayangkan bumi berotasi dengan sumbu tetap sebagaimana globe yang kita lihat di sekolahan dulu. Dalam kenyataannya, sumbu rotasi Bumi juga selalu mengalami pergeseran atau dengan kata lain, mengalami gerak osilasi. Pergeseran--yang diistilahkan sebagai Chandler wobble--ini tidak seberapa besar. Kalau digambarkan, sumbu rotasi ini bergeser dengan mengikuti lintasan berbentuk lingkaran berdiameter 12 meter dalam periode 430 hari. Mau tidak mau, gerak osilasi ini juga akan selalu mengubah posisi kutub yang sebenarnya. Karenanya, paku raksasa yang menandai posisi kutub ini akan selalu diperbarui posisinya tiap setahun sekali.

Berbeda dengan di kutub selatan, kutub utara geografis tidak mengenal kutub seremonial. Karena letaknya ditengah-tengah lautan es, maka praktis tidak ada penanda apapun yang mengisyaratkan bahwa tempat itu merupakan kutub utara geografis kecuali data koordinat dari GPS (Global Positioning System).

Apa cuma itu? Tidak, soalnya masih ada kutub magnetis dan geomagnetis. Kutub magnetis adalah lokasi arah utara maupun selatan yang selalu ditunjuk oleh jarum kompas. Sejak ditemukan pertama kali oleh Sir T.W. David dalam ekspedisi Shackleton tahun 1909, kutub selatan magnetis juga terus menerus mengalami pergeseran ke arah barat laut dengan kecepatan sekitar 10-20 km per tahun. Saat ini, kutub selatan magnetis berada di tengah samudra Antartika (bukan di daratannya). Menurut data dari bulan Februari 1998, kutub selatan magnetis berada pada koordinat 64°59' LS dan 138°53' BT, sedangkan kutub utara magnetis berada pada posisi 78°18' LU dan 104° BB, tepatnya dekat pulau Ellef Ringness di Canada.

Berikutnya, kutub geomagnetis yang merupakan kutub dari medan magnet Bumi. Letak kutub geomagnetis Bumi tepat berseberangan antara kutub selatan dengan kutub utaranya. Kutub selatan geomagnetis berada di koordinat 79° LS dan 110° BT, sekitar 790 mil sebelah utara kutub selatan geografis, tidak jauh dari stasiun penelitian milik Rusia, Vostok. Di sisi lain, kutub utara geomagnetis berada di pulau Greenland, tepatnya dekat kota Thule pada koordinat 78°30' LU dan 69° BB.

Terakhir, masih ada "kutub" lain yang kurang begitu dikenal, yaitu yang disebut sebagai Point of Inaccessibility. Ini sebenarnya hanyalah kutub teoritis yang menunjukkan lokasi di lingkaran kutub yang letaknya paling jauh dari daratan manapun. Di kutub selatan, bagian ini menandai "jantung" benua Antartika pada posisi 82º06’ LS, 54º58’ BT, sedangkan Point of Inaccessibility di kutub utara berada di sebelah utara Alaska pada koordinat 84°03' LU, 174°51' BB. Kedua "kutub" ini boleh dibilang sebagai lokasi yang paling sulit dicapai di muka Bumi.

Sumber : dhani.singcat.com
Share this article :

1 comment:

mas template
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MASKOLIS - All Rights Reserved
maskolis
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya