mas template
Headlines News :
mas template
Home » » Sejarah Aliran Musik ‘Gothic’ Metal

Sejarah Aliran Musik ‘Gothic’ Metal

Written By maskolis on Tuesday 31 May 2011 | 11:30

ALIRAN musik Gothic sebenarnya pertama kali muncul dari evolusi Punk, dan disebut musik Goth (juga sering disebut Gothic Rock). Musik Gothic berasal dari Inggris, aliran ini dipopulerkan oleh band asal Inggris seperti The Cure, Bauhaus, Fields of Nephilim, dan lainnya, pada awal 80-an. Isi liriknya adalah tentang dark poetry, dunia khayal, romantisme, misteri, kematian, pemberontakan, kehidupan sehari-hari, solusi untuk keluar dari kesedihan, dsb.

Masuk pertengahan 80-an muncul band-band yang membawakan aliran baru yang terinspirasi dari Goth (masih berasal dari Inggris). Contoh band-band Industrial adalah sebagai berikut: Skinny Puppy, The Neon Judgement, Borghesia, dll. Aliran musik ini ditandai dengan penggunaan alat musik sintesis (synths) seperti drum machine, dan electronic distortion. Serupa dengan musik electronica, namun musik Industrial lebih keras (seperti suasana pabrik) dan menggunakan tema lirik Goth. Dari aliran ini muncul lagi aliran musik lain seperti Electronic Body Music (EBM) dan Darkwave.


Pada akhir 80-an atau masuk era 90-an, muncul aliran Gothic Metal yang juga diperkenalkan oleh band-band asal Inggris seperti Paradise Lost, My Dying Bride dan Anathema. Irama musik Gothic Metal adalah evolusi dari pencampuran musik Death Metal dan Black Metal, dengan mengangkat tema lirik musik Goth dengan sedikit penambahan tema baru: era Gothic (tahun 1700-an), konfrontasi, alam gaib, dsb.

Ciri khas Gothic Metal ditandai dengan penggunaan karakter “Beauty and the Beast”, yaitu penggunaan dua orang vokalis (biasanya terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan). Vokalis perempuan menggunakan karakter suara operatic dan seriousa (Beauty), sedangkan vokalis laki-laki menggunakan karakter suara growl dan scream (The Beast). Tempo aliran musik ini dimainkan dengan tempo yang agak lambat, tidak sekeras dan secepat musik Metal lainnya. Gothic Metal kemudian berkembang di beberapa negara di Eropa (Norwegia, Swedia, Polandia, Jerman, dll), dengan menambahkan ciri khas musiknya sendiri.

Berikut band-band Goth/Gothic Rock/Gothic Metal yang cukup dikenal antara lain:

Lacrimosa

Tristania

Therion

Bauhaus

Draconian

Epica

Krypteria

Nightwish

Paradise Lost

The Cure

 Tiamat


 Theatres des Vampires

 Fields of Nephilim

Sumber : http://asiaaudiovisualexc09hermawansaputra.wordpress.com/2009/05/20/aliran-musik-%E2%80%98gothic%E2%80%99-metal/
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mas template
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MASKOLIS - All Rights Reserved
maskolis
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya