mas template
Headlines News :
mas template
Home » » Inilah Televisi Mungil 3 Dimensi dari Toshiba

Inilah Televisi Mungil 3 Dimensi dari Toshiba

Written By maskolis on Sunday 16 October 2011 | 20:19

Jakarta - Akhir tahun lalu, Toshiba memperkenalkan televisi tiga dimensi (3D) pertama di dunia yang dapat dinikmati tanpa kacamata khusus. Kamis pekan lalu, perusahaan asal Jepang ini memboyong televisi itu ke Indonesia. Namanya Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV. Ada dua ukuran layar, 12 dan 20 inci.

televisi mungil toshiba

"Teknologinya menggunakan integral imaging system dan lenticular sheet untuk menghasilkan gambar yang halus dan alami," kata Robert Dwijaya, Industrial Designer PT Toshiba Visual Media Network Indonesia, di Jakarta. Integral imaging system dan lenticular sheet adalah kemampuan menghasilkan sembilan gambar parallax atau efek perubahan komposisi gambar dengan sudut berbeda dari satu gambar orisinal.

“Sehingga penonton bisa merasakan gambar yang hidup,” ujarnya. Teknologi ini juga memungkinkan konversi dari gambar dua dimensi menjadi tiga dimensi. Sekilas, televisi minus kacamata dengan ukuran 12 inci ini tampak seperti komputer tablet. Hanya, di bagian bawah kanan terdapat tombol dan lampu indikator.

Pada bagian belakang terdapat kabel power untuk ditancapkan ke sumber listrik dan penyangga supaya televisi ini bisa berdiri. Jarak menonton yang dianjurkan adalah 65 sentimeter dengan posisi di tengah. Ketika Tempo menyaksikan video tiga dimensi dari televisi ini, gambar yang bergerak memang terasa hidup dan dalam. Sayangnya, jika diperhatikan secara detail, gambar yang tampil sedikit pecah.

“Itu karena resolusinya kecil,” kata Robert. Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV seluas 12 inci ini memiliki resolusi 466 x 350 piksel. Sementara ketika menyaksikan video di televisi dengan ukuran yang lebih besar akan terasa nyaman. Dengan jarak pandang sekitar 1 meter tepat di tengah, mata tak mudah lelah ketika menonton gambar 3D dalam waktu lama.

Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV dengan layar seluas 20 inci ini memiliki resolusi 1.280 x 720 piksel. Bagi Anda yang berminat memiliki televisi tersebut, sebaiknya langsung pergi ke Jepang. Sebab, Toshiba tak berencana menjual dua model televisi yang dibanderol sekitar Rp 10 juta dan Rp 25 juta ini di Tanah Air.

“Kami hanya ingin menunjukkan bahwa Toshiba memiliki televisi dengan teknologi 3D tanpa kacamata,” kata Fransisca Maya, Senior Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia. Lagipula, lanjut Fransisca, karakter pasar di Indonesia berbeda dengan Jepang. Di sini, konsumen masih berpedoman bahwa televisi 3D memiliki ukuran layar besar dan masih menggunakan kacamata khusus.

Sedangkan di Jepang, biasanya dua model televisi ini dipakai sebagai media hiburan di rumah dan kantor. April tahun depan, rencananya Toshiba akan memperkenalkan televisi tiga dimensi minus kacamata yang sesuai dengan kondisi pasar di Tanah Air. Layar televisi ini seluas 55 inci.

Selain Toshiba, ada beberapa vendor elektronik lain yang juga bermain di ranah televisi 3D tanpa kacamata. Maret lalu, Samsung memperkenalkan prototipe televisi jenis ini dengan layar 55 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel.

Adapun LG memamerkan televisi mobile 3D-nya yang bisa dinikmati tanpa perlu kacamata khusus. Teknologi yang dibenamkan pada televisi mobile ini hampir sama seperti yang ada di dalam ponsel LG Optimus 3D, yakni auto-stereoscopic 3D.

Televisi mobile LG ini memiliki layar seluas 7 inci (800 x 480 pikel) dan baru dijual pada 2012 dengan harga sekitar US$ 200.

Sumber : tempointeraktif.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mas template
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MASKOLIS - All Rights Reserved
maskolis
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya