mas template
Headlines News :
mas template
Home » » Rahasia Wanita Tertua 115 Tahun Terungkap

Rahasia Wanita Tertua 115 Tahun Terungkap

Written By maskolis on Sunday 16 October 2011 | 23:01

Dunia pernah menobatkan wanita ini sebagai perempuan tertua 115 tahun meski kini ia sudah meninggal dunia. Perempuan tua itu hidup dengan baik dan tidak pikun. Kini ilmuwan bisa mengungkap rahasia umur tuanya yang tidak pikun itu. Tua hingga usia 115 tahun tanpa pikun adalah kondisi yang luar biasa.

wanita tertua

Hasil penemuan ilmuwan itu mengungkap ada perubahan genetik yang langka dalam DNA wanita itu yang tidak dimilki banyak orang. DNA atau Deoxyribo Nucleic Acid merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. Keunikan gen inilah yang membuat wanita itu bisa hidup lama tanpa menunjukkan gejala pikun dan penyakit jantung sama sekali.

"Wanita yang berumur panjang ini tidak menunjukkan tanda-tanda demensia atau Alzheimer meskipun berusia lanjut, tapi ia juga tidak memiliki penyumbatan arteri seperti yang umumnya dimiliki penderita penyakit jantung. Dia tampaknya mengalami beberapa perubahan genetik yang langka dalam DNA-nya yang tidak dimilki banyak orang," kata Dr. Henne Holstege dari Departemen Genetika Klinis di VU University Medical Center di Amsterdam.

"Pasti ada sesuatu dalam tubuhnya yang melindungi dirinya dari kepikunan. Kami pikir ada gen yang dapat menjaga umur panjang dan melindungi diri terhadap Alzheimer," imbuh Dr. Holstege seperti dilansir oleh MNN.com, Senin (17/10/2011).

Ironisnya, wanita yang disebut dengan kode W115 ini tidak menunjukkan indikasi bahwa dia akan hidup begitu lama awalnya. Dilahirkan secara prematur dan tidak diharapkan untuk hidup, akhirnya wanita ini bisa bertahan hidup dan selamat dari berbagai penyakit hingga berusia 100 tahun sebelum didiagnosis mengidap kanker payudara.

Yang lebih hebat, wanita ini dapat mengalahkan kanker payudara dan hidup 15 tahun lebih lama sampai akhirnya mengalah pada tumor lambung pada usia 115 tahun. Menurut para peneliti, hanya 1 dari 50.000 orang yang bisa hidup hingga usia 100 sampai 115 tahun.

Ketika berusia 113 tahun, ia menjalani tes mental selayaknya pada wanita berusia 60-75 tahun. Dia setuju jika tubuhnya disumbangkan untuk ilmu pengetahuan setelah ia meninggal sehingga dokter bisa mempelajari otak, organ dan kode genetik tubuhnya.

Meskipun hasil urutan gen-nya belum dipublikasikan, penemuan ini telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society of Human Genetics di Montreal, Kanada. Peneliti akan segera merilis urutan gen nya sehingga dapat diakses oleh para peneliti lainnya.

"Dalam rangka untuk benar-benar memahami faktor biologi yang mendasari umur panjang yang sehat, kita perlu melihat urutan DNA ratusan atau ribuan orang," kata Dr Jeffrey Barrett dari Pusat Sanger di Cambridge, Inggris.

Rahasia Nama Wanita

Meski nama wanita itu dirahasiakan dan hanya diberi kode W115, namun diduga perempuan tersebut adalah Hendrikje van Andel-Schipper dari Nederland, Belanda yang pernah tercatat di The Guinness Book of World Records sebagai wanita tertua di dunia.

Indikasi mengarah ke nama perempuan itu, karena ilmuwan membeberkan riwayat hidupnya saat kecil. Wanita itu dikatakan tidak menunjukkan indikasi akan hidup begitu lama karena dilahirkan secara prematur dan tidak diharapkan untuk hidup.Tapi nyatanya si wanita ini bisa bertahan hidup dan selamat dari berbagai penyakit hingga berusia 100 tahun sebelum didiagnosis mengidap kanker payudara.

Riwayat hidup ini persis dengan Van Andel-Schipper yang lahir prematur pada 29 Juni 1890. Waktu lahir ibunya pernah bilang Van Andel tidak mungkin hidup lama. Sebelum meninggal pada 30 Agustus 2005, Van Andel juga telah mengumumkan akan menyumbangkan organ tubuhnya kepada rumah sakit milik universitas di kota Groningen untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Sumber : detikhealth.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mas template
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MASKOLIS - All Rights Reserved
maskolis
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya