mas template
Headlines News :
mas template
Home » , » Raja Bhutan Nikahi Mahasiswi 21 Tahun

Raja Bhutan Nikahi Mahasiswi 21 Tahun

Written By maskolis on Sunday 16 October 2011 | 07:59

Himalaya - Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuk menikah dengan seorang wanita biasa dalam upacara mewah di wihara tua di kota Punakha pada Kamis (13/10). Raja berusia 31 tahun itu menikahi mahasiswi berusia 21 tahun bernama Jetsun Pema. Dalam upacara Buddha di wihara tua, Raja Jigme menyematkan mahkota sutra ke istrinya sebagai ratu baru bagi hampir satu juta penduduk negara yang terletak di pegunungan Himalaya.

raja bhutan
Pernikahan Jigme Khesar Namgyel Wangchuk dengan Jetsun Pema telah lama dinanti-nantikan rakyat Bhutan

Raja Jigme dianggap sebagai raja yang dihormati di kerajaan kecil dengan penduduk 700.000 jiwa. Upacara pernikahan raja disiarkan langsung oleh televisi setempat. Upacara pernikahan dimulai ketika raja dan ayahnya memasuki ruang yang disucikan di wihara. Di ruang tersebut ditempatkan jenazah yang diawetkan pendiri kerajaan pada abad 17.

Kedua mempelai mendapat berbagai hadiah sebagai simbol kelanggengan berumah tangga, kearifan, dan sisi-sisi positif lain dalam kehidupan. Setelah prosesi upacara berakhir, para penyanyi melantunkan lagu-lagu perayaan dengan diiringi gendang dan suling. Anak-anak gajah dengan dihiasi pakaian tradisional juga tampak di halaman wihara. Rakyat menyambut pernikahan yang memang sudah lama ditunggu-tunggu ini. Berbagai poster, spanduk, dan sejumlah bentuk cenderamata dibuat khusus untuk menandai perkawinan kerajaan.

"Kemana pun dia (raja) pergi dia selalu menggandeng tangan tunangannya. Sekarang anak-anak muda mulai mencontoh raja," kata Jurme Choden, seorang siswi 16 tahun. Pernikahan raja Bhutan ini tidak dihadiri kepala negara asing atau pun anggota kerajaan dari negara lain tetapi hanya dihadiri keluarga kerajaan Bhutan sendiri.

"Tema keseluruhan pernikahan ini adalah sesederhana mungkin, itulah keluarga kerajaan Bhutan," kata Kinley Dorj, Menteri Penerangan Bhutan. Jigme Khesar Namgyel Wangchuk adalah lulusan Universitas Oxford, Inggris. Jetsun Pema adalah putri seorang pilot dan dikagumi karena kecantikannya dan dampaknya terhadap raja yang jatuh cinta kepada mahasiswa.

Sumber : erabaru.net
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mas template
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MASKOLIS - All Rights Reserved
maskolis
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya